Skip to main content

Deskripsi: Trend command center di perkantoran saat ini sangat marak dan menjadi simbol kantor masa depan di sebuah kota modern yang mengedepankan teknologi kekinian.

=================================================================

Foto: pixabay.com

 

Trend command center di perkantoran saat ini mulai diterapkan di berbagai kota besar di Indonesia. Terutama di perkantoran pemerintah yang membutuhkan sistem koordinasi terhadap berbagai kebijakan tanggap bencana.

Command center adalah  seperangkat fasilitas yang dapat digunakan oleh perusahaan atau perkantoran untuk membantu menangani krisis. Semacam kantor tanggap darurat yang dilengkapi dengan fasilitas yang mendukung.

Berikut beberapa fakta tentang command center yang saat ini sedang menjadi trend di perkantoran:

 

1. Command Center Telah Dibangun di Kota-Kota Besar

Command center saat ini telah menjadi trend di berbagai kota besar seperti Jakarta, Bandung, Surabaya, Semarang dan daerah lain di Indonesia.

Pemerintah, sebagai salah satu pihak yang membutuhkan keberadaan fasilitas ini banyak membangun command center untuk kebutuhan koordinasi tanggap bencana. Seperti misalnya dalam penanganan Covid-19.

 

2. Command Center Jadi Simbol Modernitas Sebuah Kota

Anda pernah melihat film-film barat yang beraktivitas di sebuah command center yang lengkap dengan aneka teknologi canggih? 

Agaknya saat ini di Indonesia pun demikian.

Kota-kota metropolitan kini semakin banyak yang mendirikan command center sebagai simbol sebuah kota yang menerapkan teknologi dalam pembangunannya. 

Fasilitas yang lengkap dan mewah menjadikan bangunan kantor masa depan ini seolah menjadi ikonik kemodernan sebuah kota.

 

3. Pemerintah Daerah Banyak yang Membangun Command Center

Pemerintah Daerah seperti Bandung, Sumatera Selatan, Tarakan, Malang, Kalimantan Selatan, dan lainnya membangun sebuah kantor command center yang lengkap dan modern.

Tujuannya untuk berbagai kebutuhan terkait hal-hal yang bersifat bencana dan sejenisnya di daerah terkait.

Command Center Bandung masuk dalam salah satu fasilitas yang modern dan lengkap serta efektivitas penggunaannya yang cukup efektif.

Pemilihan lokasi command center harus mempertimbangkan risiko keamanan yang matang. 

Idealnya, bangunannya terdiri dari dua hingga tiga lantai dan memungkinkan untuk dijadikan sebagai tempat tinggal dengan kapasitas 10 hingga 30 orang.

Trend command center di Perkantoran akan semakin tumbuh di masa akan datang mengingat keberadaan fasilitas ini saat ini menjadi ikon teknologi kekinian dan simbol pembangunan modern sebuah kota.

 

 

Sumber:

https://sharingvision.com/definisi-command-center/

https://www.inilahkoran.com/berita/45136/menilik-fungsi-besar-command-center

https://commandcenter.bandung.go.id/profil/

https://apahabar.com/2020/01/lewat-command-center-kalimantan-selatan-makin-kekinian/

https://republika.co.id/berita/peqk65396/pemprov-sumsel-punya-sumsel-command-center

 

Leave a Reply