Skip to main content

Deskripsi: Tak hanya event offline saja, sekarang Anda juga dapat menyelenggarakan virtual event. Kira-kira, bagaimana tips membuat virtual event yang sukses dan berkesan?

=======

(Ilustrasi: unsplash.com)

 

Dewasa ini, penyelenggaraan event tidak hanya dilakukan secara offline saja. Anda juga dapat mengadakan event secara virtual atau online. Meski masih terdengar asing, bukan berarti event online tidak mungkin bisa diselenggarakan. Kira-kira, bagaimana sih tips membuat virtual event itu?

Namun, sebelum menuju ke sana, perlu Anda ketahui bahwa event online ini dapat dibuat dalam berbagai bentuk. Seperti misalnya, webinar bersama narasumber ahli, live tweeting untuk bertanya jawab dengan followers, maupun workshop online.

Nah, berikut adalah beberapa cara membuat event online yang sukses dan pastinya berkesan.

 

1. Pahami siapa target pesertanya

Hal pertama yang wajib Anda perhatikan yaitu target peserta. Pahami siapa yang akan menjadi peserta pada event virtual yang akan Anda selenggarakan. Ketahui juga seberapa besar peluang mereka untuk mengikuti event tersebut.

Untuk mengetahui hal-hal tersebut, Anda dapat melakukan survei atau bisa juga dengan mengadakan forum diskusi bersama calon peserta.

 

2. Tentukan format dan platform yang sesuai

Anda dapat mengadakan event online melalui banyak platform, seperti Facebook Livestream, Google Meet, YouTube, Zoom, maupun Periscope. Dari sekian platform yang dapat digunakan, pilihlah platform yang paling nyaman dan sesuai dengan target peserta.

Selain itu, persiapkan juga latar belakang yang unik dan menarik secara visual. Pastikan juga sistem navigasi teknisnya dapat digunakan dengan mudah oleh peserta maupun pembicara. Bahkan jika memungkinkan, Anda dapat membuat storyboard yang sesuai.

 

3. Pilih waktu dan durasi yang tepat

Waktu dan durasi menjadi hal yang tak kalah penting untuk Anda perhatikan. Pastikan waktu yang Anda pilih dapat diikuti oleh para calon peserta. Selain itu, gunakan waktu secara efisien karena tidak semua peserta dapat duduk di depan laptop atau handphone dalam durasi yang lama.

 

4. Gunakan sound system yang profesional

Meski ini event online, Anda juga harus memperhatikan sound system yang digunakan, terlebih untuk acara konser virtual. Pastikan sound system yang Anda gunakan berfungsi dengan maksimal. Jangan biarkan ada kendala kecil yang justru akan merusak event Anda. 

 

5. Promosikan event Anda

Sama halnya dengan event-event yang lain, Anda juga perlu mempromosikan event Anda melalui media sosial, seperti Instagram, Facebook, atau Twitter. Di sana, Anda juga dapat menyertakan tautan yang berisi formulir pendaftaran, profil speaker, maupun video tutorial.

Selain event offline, Anda juga dapat mengadakan event online, baik berupa webinar, live tweeting, maupun workshop online. Agar event online yang Anda selenggarakan berjalan dengan sukses, Anda dapat mengikuti beberapa tips di atas.

Nah, itulah tadi beberapa tips membuat virtual event yang sukses dan berkesan. Apapun jenis event yang nantinya Anda selenggarakan, jangan lupakan tips-tips di atas, ya!

Sumber:

https://campuspedia.id/news/simak-6-tips-sukses-bikin-event-online-jadi-berkesan/

https://www.loket.com/blog/tips-bikin-event-online

https://vcube.co.id/tips-mengadakan-event-secara-online/

https://glints.com/id/lowongan/membuat-event-online/

https://congrex.com/blog/improve-engagement-in-virtual-events/

Leave a Reply