Skip to main content

Deskripsi: Pada event-event yang butuh pencahayaan khusus, biasanya menggunakan lampu panggung. Berikut jenis-jenis lighting panggung berdasarkan beam yang dihasilkan.

==========

(Ilustrasi: unsplash.com)

 

Apakah Anda tertarik dan ingin lebih memahami dunia stage lighting? Ataukah Anda ingin mengadakan sebuah event? Jangan khawatir! Anda dapat mempelajari jenis-jenis lighting panggung pada ulasan berikut ini.

Perlu Anda ketahui, stage lighting atau lampu panggung pada dasarnya memiliki fungsi untuk membuat suasana panggung lebih meriah dan juga dramatis.

Umumnya, lampu panggung digunakan dalam berbagai event, seperti pentas teater, konser musik, atau beberapa kegiatan lain yang dilakukan pada malam hari.

Nah, lampu panggung ini memiliki beberapa jenis. Berikut adalah jenis lampu panggung berdasarkan jenis cahaya atau beam yang dihasilkan.

 

1. Spotlight

Lampu spotlight atau yang lebih dikenal dengan lampu sorot memiliki beam dengan intensitas tinggi. 

Arah cahayanya juga hanya berpusat pada area tertentu, tetapi memiliki batas yang jelas.

Kegunaan lampu spotlight yaitu memberi suatu objek aksen khusus dengan cara menyorotnya. Selain itu, jika cahayanya ditembakkan ke langit-langit terutama saat di udara terdapat banyak partikel, akan memberikan nuansa aerial beam.

 

2. Flood/Wash

Jenis lampu ini memiliki penyebaran cahaya yang merata. Sifat penyebaran cahayanya pun berpendar. 

Dengan penyebaran cahaya yang seperti itu, membuat lampu dengan jenis ini banyak digunakan untuk mengisi ruangan dan memberikan nuansa tertentu.

Umumnya, jenis lampu ini dapat Anda temukan pada fixture PAR, panel, Bar, dan ada terkadang moving head.  

Lampu strobe atau blitz juga bisa dibilang masuk dalam jenis lampu wash, meski hanya dapat menembakkan cahaya dalam waktu yang terbilang singkat.

 

3. Laser

Apakah Anda pernah melihat lampu yang menyorot dengan intensitas sangat tinggi dan hanya terfokus pada suatu titik saat mengunjungi club atau konser besar? Jika pernah, lampu yang digunakan tersebut merupakan lampu laser.

Lampu laser menggunakan teknologi laser, sehingga kecepatan cahaya yang ditembakkan sangatlah tinggi. 

Lighting modern ini akan memberikan aerial effect pada space yang dilaluinya dengan sangat memukau. 

Sementara itu, laser akan menghasilkan gambar maupun animasi pada objek yang ditembakkan dengan kecepatan scanning tinggi.

 

4. Gobo

Sejatinya, gobo termasuk ke dalam lampu sorot yang mana pada bagian lensanya terdapat plat metal bermotif. 

Adanya plat metal ini akan memberikan gambar dan motif yang lebih menarik. Selain itu, Anda juga dapat memasangkan motif berupa logo sebagai media promosi.

Lampu panggung atau stage lighting banyak Anda temukan pada acara konser musik, pentas tater, maupun event lain yang membutuhkan cahaya tambahan. 

Stage lighting dapat membuat suasana panggung menjadi lebih meriah dan dramatis. Jenis spot lighting juga sangat banyak, seperti yang sudah disebutkan di atas.

Bagaimana? Apakah kini Anda sudah lebih memahami jenis-jenis lighting panggung, khususnya yang memiliki pancaran beam atau cahaya tertentu?

Sumber:

https://www.legatomusiccenter.com/learn-more/stage-lighting/jenis-jenis-lampu-panggung

https://vincentmaestro.com/jenis-lighting-acara/

http://paradigma.asia/jenis-dan-fungsi-penggunaan-lampu-panggung-saat-event/

https://news.indotrading.com/jenis-jenis-lampu-panggung-dan-tips-pemasangannya/

 https://en.wikipedia.org/wiki/Stage_lighting_instrument 

 

Leave a Reply